Adventurous Journey

Sebuah Fenomen (Jilid I.2)

Di Bali sana, jika terlihat oleh petugas ada pengunjung yang buang sampah ke sembarang tempat akan didenda Rp. 50.000,- di Inul Fiezta Karaoke café didenda Rp. 20.000,- namun di pantai indah sepanjang Indonesia, semua orang bebas buang sampah tanpa ada petugas yang menegurnya. Sudut pandang terbagi saat ditemukannya fenomena seperti itu. Di satu sisi, buang sampah sembarangan itu biasa saja, tidak salah dan juga tidak benar selama di sekitar area berjalan mereka tidak ditemukan adanya tempat sampah. Di sisi lainnya dapat terlihat bahwa membuang sampah sembarangan itu jelas tidak diperbolehkan, dilarang, bahkan melanggar etika lingkungan dan bermasyarakat.

Kedua sudut pandang tersebut tidak salah dan juga tidak juga benar. Itulah fungsi dan tugas dari para pemangku kebijakan untuk mengatur atau merancang agar kedua pendapat tersebut tidak saling menyalahkan.

Beberapa kondisi baik itu di lokasi wisata ataupun intansi di Indonesia bagian manapun, tempat sampah atau wadah khusus untuk meletakan sampah itu jarang ditemukan bahkan tidak sama sekali ditemukan. Sekalipun ada, jaraknya berjauhan. Dengan kondisi seperti ini, akan sulit untuk memperbaiki animo masyarakat dalam perilaku membuang sampah.

Sejatinya sangatlah mudah untuk memperbaiki animo masyarakat terkait buang sampah sembarangan. Rumah kosan Kastil Ummi, salah satu kosan hunian madani mahasiswa kampus IPB, telah mencoba dan mulai memberikan hasil yg terbaik dalam hal pengaturan sampah. Hanya hal sederhana yg dilakukan, yaitu lima wadah tempat sampah yg berlokasi berdekatan dan strategis, kontinuitas pengangkutan yang dilakukan oleh bagian kebersihan setiap pagi hari sehabis solat subuh, dan tidak ada larangan atau anjuran atau sanksi karena yang ada hanyalah rasa sadar diri yang muncul dengan sendirinya. Segala sesuatu itu membutuhkan waktu, tidak bisa seperti sulap yang dengan sekejap mata dapat berubah. Maka dari itu, berdoa adalah standar operasional baku terakhir dalam rangkaian tujuan menjaga kebersihan bersama. End..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: