Adventurous Journey

Sekilas Demokrasi

Sepintas di benak ini ingin menyampaikan seputar demokrasi. Demokrasi dewasa ini sejatinya masih merupakan sarana aspirasi dan pengaturan pemerintahan yang terdekat dengan Islam karena belum ditemukan sistem yang baik diterapkan di dunia saat ini. Demokrasi menjadi bentuk sistem pengambilan keputusan melalui musyawarah hasil pengumpulan aspirasi-aspirasi dari para pemangku dan sasaran kebijakan setelah dipahami betul manfaat dan masalah yang akan timbul. Sistem demokrasi sudah merebak telah menggantikan sistem diktator. Hal tersebut tidak dapat dipungkiri akan terjadi akibat begitu mudahnya informasi tersebar sehingga masyarakat dunia jauh lebih cerdas dan cepat paham informasi.

Demokrasi negeri ini lebih banyak dilansir dari hasil pemikiran-pemikiran tokoh-tokoh barat. Padahal Indonesia dan juga negara timur lainnya jelas jauh berbeda dengan tradisi negara barat. Jadi, tidak bisa dipaksakan, harus selalu ada akulturasi pemikiran yang disesuaikan dengan kearifan atau tradisi lokal.

Hingga saat ini, cara yang paling mudah dalam memahami konteks demokrasi adalah dengan mengkaji lebih dalam sistem-sistem pengambilan keputusan yang dilakukan oleh Rasulullah, penentuan siapa khalifah berikutnya, dan juga sistem di masa kejayaaan kekhalifahan Islam. Demokrasi akan jauh lebih sesuai dengan syariat Islam jika orang-orang di belakang sistem merupakan mereka yang terpilih secara moral, mental, ilmu, dan akidah. Kembali lagi pada “man behind the gun”Image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: