Adventurous Journey

…dan penjajahan atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan…

Sebuah pernyataan dari sebuah bangsa besar dengan nusantaranya yang luas meliputi laut dan daratan menghamparkan sumber-sumber daya alamnya yang kaya dan berlimpah. Kondisi alam dan manusia yang begitu melimpah menjadi negeri ini begitu menggiurkan bagi negara-negara penjajah. Ketamakan kaum penjajah sulit sekali dihilangkan kecuali dengan satu hal yaitu keimanan akan kekuasan Sang Maha Pencipta.

Tamak telah menjadi tabiat alami manusia. Dengan ketamakan maka terwujud berbagai macam impian yang tadinya hanya berada di alam bawah sadar mencuat ke permukaan realita kehidupan. Tamak merupakan salah satu dari sekian banyak anugerah dari Sang Pencipta untuk membedakan antara hamba-hambaNya yang berjiwa baik dengan mereka yang buruk.

Ketamakan menjadi cikal-bakal penjajahan. Keinginan pribadi dan golongan untuk berkuasa menjadikan ketamakan muncul melebihi batas kebutuhan manusia hingga menggunakan berbagai macam cara namun sangat disayangkan cara-cara yang dilakukan lebih banyak kepada pemusnahan dan penguasaan secara paksa.

Di dunia modern seperti sekarang ini, bentuk penjajahan tidak sepenuhnya dihapuskan. Hanya penjajahan yang tampak oleh mata dan terasa oleh panca indera saja yang dihapuskan di bumi pertiwi. Terdapat bentuk penjajahan lain yang telah mengakar kuat untuk kemudian secara perlahan menggerus generasi bangsa, menggerogoti potensi mereka sehingga generasi muda sedikit harapan serta mudah putus asa. Bentuk penjajahan yang dimaksud tidak lain adalah pemutarbalikan fakta sejarah bangsa.

Negeri ini telah begitu banyak masalah namun sesungguhnya setiap masalah itu ada latar belakang dan juga penyelesaian. Bermula dari pola pikir pemuda bangsa hingga kontribusi nyata namun sangat disayangkan bahwa pola pikir pemuda bangsa telah cenderung mengutamakan hak pribadi daripada mendahulukan kewajiban. Hak untuk kaya namun tidak mau berusaha sebagai bentuk pengejawantahan kewajiban manusia. Mengapa ini semua dapat terjadi? Sejarah menjadi alasan utama.

..to be continued..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: