Adventurous Journey

c’est important

Dibaca se angporkhtong dengan nada ong yang sengau itu berarti gayanya orang-orang perancis utara alias Parisian. Jika ong berbunyi ang, itu logatnya orang perancis selatan alias Marselle.

Beberapa hal penting dalam belajar bersastra yaitu

1. Persering praktek ngomong ama nulis.

2. Hormati guru sayangi teman.

3. Konon katanya elmu itu bisa keserep banyak alias mendekati sempurna jika si murid mematuhi perintah gurunya.

4. Jangan sombong buat review. Ada banyak tipe nge-review alias ngeulang-ulang beberapa diantaranye yaitu buat tulisan, ulang-ulang bacaan, buat yang gak biasa jd biasa, dll.

Berbicara bahasa Perancis itu enak-enak gimana gitu. Jadi biasa aja. Pelafasan hurufnya ternyata lebih dikit daripada bahasa Arab, ya jelas itu mah. Dan, di bahasa Arab itu kan gak ada o apalagi ong, jadi agak gak terbiasa kalo pake logat Parisian. Tapi itulah pembelajaran. Otak kita ini didesain sempurna cuma manusianya aja yang gak sempurna. Let’s learning.

C’est itu bermakna it is alias itu. Berasal dari gabungang kata ce (dibaca se, e dalam Esa) dan est jadi c’est dah. C’est dibacanya se (e biasa). Let’s start read it.

C’est cher [se shyerkh]                        = itu mahal

C’est étrange [se eeetrkhangz]            = itu aneh

C’est bizarre [se bizarkh]                    = itu aneh (u/ percakapan sehari-hari)

C’est dangereux [se dangzerkeh]        = itu berbahaya

C’est formidable [se forkhmidable]    = itu luar biasa

C’est genti [se zuongti]                       = itu baik sekali (ungkapan terima kasih, dll)

C’est trè petii [setrkhei peti (e dalam Esa)] = itu sangat kecil

C’est tro grand [setrkho grong]          = itu sangat besar

C’est facil [se fasil]                             = itu mudah

C’est dificil [se difisil]                        = itu sulit

C’ est tout [se tu]                                = itu semua, itu saja, cukup itu saja

Untuk makna yang berlawanan alias tidak begitu deh kayanya itu pake tambahan n dan pas di antara ce dan est atau di antara c’est, missal ce ne’st pas cher kalo dibaca itu se (e dalam Esa) ne pa shyerkh yang artinya itu tidak mahal. Contoh lainnya, ce ne’est pas étrange dibaca se ne pazeetrkhangz. Nah di kalimat kedua itu terbaca penggabungan. Jika huruf terkahir dari suatu kata itu konsonan kemudian ketemu ama vocal jadinya disambung. Ya mesti sering-sering nyoba. Nanti juga bisa.

 

Merci pour la lecon, mademoiselle.

Bacanya tuh: merkhsi purkh la lesong

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: