Adventurous Journey

Ada tiga bentuk dari pemakean kata sifat untuk melukiskan perbedaan baik itu lebih baik maupun lebih tidak baik, yaitu bentuk positive, comparative, dan superlative. Nah, ketiga bentukan itu beda-beda pemakeannya dalam kalimat.

1. Kata sifat Positive degree (PD). Dipake buat dua hal atau kata benda yang sama tingkatannya alias gak ada yang lebih baik atau lebih tidak baik. Atau bisa juga disebut sebagai keadaan apa adanya. Untuk kata sifat positive degree itu bentuknya ada dua yaitu bentuk buat kalimat positif dan negatif. Buat kalimat positif itu pake as+PD+as atau no less+PD+than, sedangkan buat kalimat negatif tu pake so+PD+as atau less+PD+than. Neh, peratiin deh contohnya my sister as beautiful as your sister atau my sister no less beautiful than yours (kalimat positif) trus kalo my sister so beautiful as your sister atau my sister less beautiful than yours (kalimat negatif) yang artinya “tidak secantik”.

2. Comparative degree. Bentuk kata sifat yang satu ini itu untuk menunjukan tingkatan lebih baik atau lebih tidak baik dari dua kata benda atau hal yang sedang diomongin. Inget ya, untuk dua kata atau hal aja tidak kurang tidak lebih. Nah, bentuknya dalam kalimat itu kata sifat comparative+than. Misal, my sister more beautiful than yours.

Untuk kata sifat yang lebih dari suku kata, dipake buat ngomongin kelebihan suatu hal lain itu kita mesti pake kata tambahan more atau most. Kata tambahan more itu untuk bentuk comparative, sedangkan kata “most” itu untuk superlative. Comparative hanya membandingkan dua hal, sedangkan superlative itu untuk yang terbaik dari lebih dari dua hal, bisa tiga atau banyakan.

3. Superlative degree (SD). Seperti yang dah disampein di poin 2 bahwa superlative itu sama dengan comparative cuman bedanya dia tuh untuk membandingkan lebih dari dua hal mana yang terbaik. Jadi bentukan ini tuh untuk tingkatan paling. Bentuknya tuh bisa the+SD+kata bendanya+in atau the+SD+of, atau juga bisa dengan the+SD aja dengan syarat kalimatnya tuh berniat untuk menunjukan yang terbaik dari yang lainnya dalam kalimat. Misal, my sister is the most beautiful student in her class atau my sister is the most beautiful of all student, atau juga my sister is the most beautiful student.

 

end of adjective section…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: