Adventurous Journey

Adjective Section 1

Bahasa laennya itu adalah kata sifat. Dari katanya aja dah ketauan kalo tipe bahasan kali ini kaitannya ama memberikan gambaran rinci secara langsung dari benda yang terucap. Tipenya itu ada 7, nah kita liat aje satu-satu:

1. Descriptive Adjective. Mendeskripsikan suatu kata benda kayaknya pas buat ngejelasin tipe ini. Bentukan ini berupaya untuk melukiskan keadaan kata benda, misalnya sifat, ukuran, rasa, dll yang bukan berbentuk kuantitas alias jumlah atau banyak. Di bentuk kata sifat yang ini itu ada dua penampakannya yaitu bentuk sekarang ama dah lewat.

Bentuk sekarang disebut present participle. Maksudnya bentuk sekarang itu bahwa kata sifat yang melukiskan kata benda tersebut berlangsung saat sekarang-sekarang alias sedang terjadi, misal skater boy, playing stuff, drawing pencil, dll. Bentuk lainnya itu yaitu bentuk dah dilakuin disebut past participle. Maksudnya itu bahwa bentuk past ya bentuk kata sifat kepada perbuatan atau hal yang sudah dilakuian alias sudah lampau lah, missal broken leg, cooked rice, dll.

2. Quantitative Adjective.  Nah, bentuk ini meluiskan jumlah benda yang diomongin. Jadi kalo kita ngomongin masalah jumlah suatu benda yang kita ucap itu mesti pake bentuk ini. Bentuk ini tu ada dua yaitu bentuk tak tentu dan tentu jumlahnya. “Tak tentu” maksudnya itu gak bisa dihitung, sedangkan kata sifat “tentu” itu maksudnya bisa dihitung.

Kata sifat “tentu” itu disebut dengan numeral adjective. Numeral berarti angka atau numerik. Kalo bentuk numerik itu jumlahnya dah pasti baik dia itu berbentuk angka tingkatan, bentuk decimal, frekuensi atau tingkat keseringan, atau pun bentuk normal angka satu sampai seterusnya. Kata sifat bentuk “tak tentu” itu bukan termasuk angka atau bilangan angka, melainkan bentuk ini melukiskan sifat suatu benda yang gak terhitung jumlahnya ataupun gak tentu jumlahnya itu mau berapa aja juga boleh sehingga dalam penulisannya itu make kata tambahan seperti many, much, a lot of, a great many, a great deal of, dll. Bedanya itu dari kesekian kata tambahan tsb yaitu:

  1. Many, digunakan untuk kata sifat tak tentu yang menyebutkan kata benda dalam kalimat negatif atau bentuk tanya yang disandingkan ke kata benda yang bisa dihitung, misal buku, pulpen, mobil, dll. Penggunaan “many” sama dengan “a great many” cuman bedanya tu dipake buat kalimat positif aja.
  2. Much, sama dengan many namun dipake buat kata benda yang bener-bener gak dapat dihitung, misal susu, air, dll. Penggunaan “many” sama dengan “a great deal of” cuman bedanya tu dipake buat kalimat positif aja.

3. Possessive Adjective. Bentuk kata sifat yang satu ini sama dengan bentuk kepemilikan pada Pronoun. Bedanya itu keliatan banget di bentuk penulisannya. Kalo pronoun itu kan bentukan mine, yours, theirs dan gak diikutin atau disandingkan ama kata benda yang dimaksud, sedangkan untuk adjective itu disandingkan dengan kata benda alias kata bendanya diikutin, misal my car, your face, their skate, dll.

4. Proper Adjective. Neh jelas ne dari kata benda nama diri (proper noun) dirangkai dengan kata sifat untuk melukiskan orang tersebut, misal president of bla..bla..bla

5. Interrogative Adjective. Mempertanyakan bentuk sifat tertentu ke pada orang lain sewaktu berbicara. Bentuk ni tuh sama aja dengan interrogative pronoun, cuma bedanya itu di bentuk adjective itu selalu menyertai kata benda yang dimaksud, misal kalo ditanya what car do you mean? Nah begitu, kebayang kan jawabannya seperti apa.

6. Demonstrative Adjective. Bentuk ini dipake buat nunjukin sesuatu kata benda degan sifat-sifatnya. Sama percis dengan bentuk demonstrative noun, cuman lagi-lagi bedanya di bentuk kata sifat itu kata benda yang dimaksud selalu disandingkan alias diikutsertakan dalam kalimat, misal this body so stronge, these chairs so wonderful, another car is better, the other are more great, dll. Bentuk ini ada dua macam, ketika bendanya gak tampak dan ketika bendanya tampak. Kalo bendanya dah keliatan itu disebut bentuk definite, sedangkan yang gak keliatan itu bentuknya indefinite.

Definite Indefinite Adjective. Definite itu berarti kita menunjuk sifat suatu benda yang pasti alias sudah jelas di depan mata bendanya, sedangkan indefinite itu untuk melukiskan sifat kata benda yang bendanya itu belum keliatan, misal these car is blue (definite), but I want another (definite) atau these car is red (definite), the other car is better (indefinite). Beda di pemakean kata another/others dengan the other/the others.

Next section is The Degrees of Comparison…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: