Adventurous Journey

Sungguh, betapa indahnya dunia ini. Menjadi seorang muslim sangat menyenangkan. Bersyukur ketika mendapat kenikmatan, bersabar ketika ditimpa musibah. Sesungguhnya seorang muslim itu diciptakan kuat, tidak kehabisan akal serta tidak lemah.

Solat wajib menjadi awal kali dinilainya seorang hamba pada hari kiamat nanti terhadap segenap kebaikan yang telah dilakukan di dunia. Jika solat wajibnya baik maka baik pula penilaiannya nanti. Solat yang baik itu adalah dilakukan diawal waktu dan dilakukan dengan khusyuk.

Kalimat terakhir pada paragraf pertama dan paragraf kedua seringkali diuji dengan beragam peristiwa. Terkadang sulit bagi kita untuk bisa tepat waktu dalam melakukan solat wajib, sedangkan kita dalam berbagai kondisi atau pun kesibukan. Kemudian juga terkadang sulit juga menjaga kekhusyuan ketika solat wajib itu didirikan.

Jika ditanyakan kepada para murrobi pendahulu dakwah ini, mereka hanya menjawab satu kalimat, “itu hanyalah perasaanmu saja” dan dilanjutkan dengan “tidak ada yang sulit dalam melakukan ibadah apalagi solat wajib”. Postingan ini ditulis berdasarkan pengalaman. Sebuah pengelaman dan rasa bangga yang luar biasa ketika dekat dengan orang-orang seperti mereka.

Satu peristiwa, yaitu di saat dalam kondisi bersiap untuk berenang di sebuah pemandian/ kolam renang namun sudah tiba waktu solat sebelum memulai renangnya. Pantang mulai berenang sebelum mereka melaksanakan solat wajib tsb atau dan aku ikut bersama mereka.

Dua peristiwa, yaitu dikala rapat hendak dimulai semua sudah siap namun tiba waktu solat wajib sebelum mulainya rapat. Mereka selalu bersegera melakukan solat wajib tsb terlebih dahulu dan aku ikut bersama mereka.

Tiga peristiwa, yaitu ketika berada di tengah jalan raya beramai-ramai melakukan aksi damai kemudian tiba waktu solat wajib. Mereka melakukan solat wajib tsb dipinggir jalan dengan beralaskan koran ataupun sehelai kain dan aku ikut bersama mereka.

Empat peristiwa, yaitu ketika berpergian jauh. Diperjalanan tiba waktu solat wajib. Mereka berhenti sejenak lalu melakukan solat wajib dengan menjamak-qashar kedua solat dan aku ikut bersama mereka.

Dan mereka selalu dalam kondisi wudhu.

Seorang muslim harus mampu menjaga ketepatan waktu solat wajibnya, sedangkan hal yang demikian sungguhlah sulit. Ingat satu hal, seorang muslim itu kuat dan tidak kehabisan akal. Pahami agama maka indahnya hidup ini akan tertanam dalam jiwa.

 

::berdasarkan pengalaman bukan kajian::

-syu-

Advertisements

Comments on: "Jika Sudah Masuk Waktu Solat.. .maka" (1)

  1. setuju 🙂
    *mampir ya daa,,maen2 jg di blogku..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: