Adventurous Journey

Pronoun Section

Artinya yaitu kata ganti. Bentuk kata ini dipake untuk ngegantiin kata benda dalam suatu bentuk kalimat. Bentuk-bentuknya macem-macem sobz,

  1. Personal Pronoun. Bentuk kata ini dipake buat ngegantiin seseorang yang dimaksudkan dalam kalimat. Dibagi tiga bentuk ne yang secara naluri juga bisa dibedain lah, yaitu bentuk pertama, kedua, dan ketiga. Bentuk-bentuk itu bisa dilihat dari segi subjek atau objek. Misalnya, ada istilah They We I You He She It. Ketiga kata itu kan bisa dibedain mana yang ngebicarain orang kesatu, kedua, atau ketiga.
  2. Possessive Pronoun. Kepemilikan, kata ganti kepemilikan. Untuk bentuk yang satu ini, gak pake apostrophe, beda banget ama kata benda. Kata ganti kepemilikan ini bermaksud menggantikan penulisan nama pemiliknya dalam suatu kalimat. Ada beberapa bentuk penulisan, ada mine, yours, theirs, hers, his, atau ours. Tergantung gimana bentuk pemiliknya, ya gak jauh beda maknanya ama ‘punya gue, punya loe, atau punya kita-kita’. Oi ya, bentuk kata ini bisa ngebicarain subjek atau objek loh.
  3. Reflexsive Pronoun. Bentuk yang satu ini cuma ngebicarain subjeknya aja. Subjek ngebicarain subjek, ya seperti penegasan bahwa itu dilakuin oleh orang tersebut. Semua yang tadinya jamak berubah jadi bentuk tunggal. Bentuk pronoun ni ditandai dengan adanya kata depan ‘by’. Misalnya, by myself.
  4. Intensive Pronoun. Sama dengan empahtic karena fungsi bentuk ini lebih kepada bentuk penekanan. Misalnya, you yourself, my myself, our ourselves..kaya gitu lah. ada pengulangan secara personal.
  5. Demonstrative Pronoun. Bentuk pronoun yang satu ini khusus untuk menggantikan objek pembicaraan dalam suatu kalimat. Ada 4 bentuk ne, yaitu this ama these, that ama those. Keempat bentuk itu beda-beda tergantung ama jaraknya objek yang diobrolin dengan orang yang ngobrolinnya. This ama these itu untuk objek yang jaraknya cukup dekat, kalo that ama those itu untuk objek yang jaraknya cukup jauh ama pembicara. Nah, bedanya this/these ama that/those itu cuma pada tunggal atau jamaknya, yang ada huruf ‘s’ itu buat yang jamak yg dapat dihitung.
  6. Indefinite Pronoun. Kata ganti bentuk ini ada banyak sobz, tapi secara garis besar cuma ngobrolin dua bentuk yaitu personal ama kuantitas. Karena penting untuk membicarakan tunggal jamak supaya lawan bicara kita paham apa yang kita maksud,
  1. Personal (person of things). Dari maknanya aja dah jelas kalo bentuk ini ngebicarain seseorang, benda, atau lainnya. Bentuknya tuh ada everybody, anybody, somebody, aneka bentuk ‘one’, another/others, the other/the others, aneka bentuk each, dll. Kita liat satu-satu,
  • every-, any-, some-, no- cuma digunain untuk bentuk tunggal karena kata ini menandakan bahwa yang dibicarain atau yang dituju itu masing-masing bukan keseluruhan.
  • any- ama some- itu kan sama cuma bedanya pada bentuk kalimatnya positif atau negative. Kalo any- dipake untuk kalimat negatif ama nanya, kalo some- itu dipake untuk kalimat positif ama berita. Diinget-inget ne sobz, penting.
  • kadang sering keliru kalo mau pake another atau the other. Kedua bentuk kata ganti ini sama-sama dipake buat ngebicarain benda yang tunggal. Bedanya itu, kalo another dipake buat benda yang belum ketauan bentuknya alias tak tentu, sedangkan the other itu dipake buat benda yang udah ketauan bentuknya alias benda tentu. Kalo mo ngebicarain yang jamak, another diganti others, sedangkan the other diganti the others.
  • each itu dipake untuk bentuk tunggal.
  • Gabungan bentuk each other atau one another itu beda pemakean, tapi maksud pengucapannya sama yaitu saling satu sama lain melakukan hal yang sama cuma bedanya itu pada makna yang tersirat atau terlihat sehingga ngaruh dengan bentuk penulisannya. Each another dipake buat ngebicarain dua orang yang saling berbalasan, kalo mo ngebicarain yang lebih dari dua orang itu pake one another.
  • Either/neither. Bentuk kata ini dipake sebagai bentuk pemilihan dari dua benda. Kalo milih salah satu berarti kita pake either, kalo gak milih ya pake neither.
  1. Kuantitas (quantity). Bentuk ini ngebicarain berapa jumlahnya, banyak atau sedikit. Bentuknya tuh ada all, most, both, few, many, dll.
  2. Who/whom. Sekarang ini penggunaan ne dua bentuk kata dah ga ada bedanya lagi. Bentuk whose udah gak dipake lagi karena kedua bentuk ini sama yaitu menggantikan seseorang yang dibicarain dengan kalimat lain yang ngejelasin orang tersebut.
  3. Whose/Which. Penggunaan kedua bentuk ini sama-sama ditujukan untuk menjelaskan kepemilikan suatu benda. Bedanay itu terlihat pada bentuk bendanya. Penggunaan whom itu untuk menjelaskan benda yang dimiliki oleh seseorang. Kalo which itu untuk ngejelasin benda yang dimiliki oleh selain orang, bisa hewan atau benda mati.
  4. What/that. Kedua kata ini sama makna cuma beda di bentuk penulisannya kalimatnya. Penulisan kalimat menggunakan kata what itu gak lagi mencantumkan nama bendanya, kalo kata that itu masih mencantumkan nama bendanya yang ditulis sebelum kata that.
  1. Interrogative Pronoun. Interogasi, bermakna ‘menanyakan’. Bentuk pronoun ini dipake pada saat kita mau bertanya. Misal, who, whom, whose, which, where, when, why, dan how. Pemakaian kesemua bentuk kata itu ditulis diawal kalimat.
  2. Relative Pronoun. Relasi antar kalimat satu dengan lainnya itu bisa digabungkan pake kata ganti bentuk ini. Bentuknya itu ada 6, yaitu who, whom, whose, which, what, ama that. Jangan disamain ama bentuk kalimat tanya. Relative pronoun itu untuk ngegabungin dua kalimat atau ngejelasin subjek atau objek yang dimaksud dalam pembicaran.

Bentuk lain dari whose adalah of which. Kedua bentuk ini sama dalam pemaknaan ataupun maksudnya. Bedanya cuma di posisi kata bendanya aja. Kalo mau pake whose, kata bendanya ditaro dibelakang atau setelah kata whose. Kalo mo pake of which, kata bendanya ditaro didepan atau sebelum kata of which.

 

keep learn…learning keep

next section is….

adjective

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: